Minggu, 13 Januari 2013

Perangkat Lunak Pengolah Angka


Perangkat Lunak Pengolah Angka “Microsoft Excel” : Bekerja dengan Shortcut

Perangkat lunak pengolah angka Microsoft excel dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat table, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji, dokumen, penghitungan rumus, kegiatan statistic atau bahkan menyusun berbagai laporan dalam berbagai kepentingan.

Dalam berbagai kegiatan di kantor, seorang sekretaris yang sudah biasa menggubakan computer tidak akanmemungkiri kelebihan pengolah angka dengan program Microsoft excel. Berbagai bentuk / model huruf dapat diggunakan sesuai dengan selera pengguna.

Pemakai software pengolah angka dapat mengedit hasil input tanpa harus mengubah seluruh atau sebagian laporan yang sudah diketik. Untuk kepentingan menambah, megurangi, menghapus data atau dokumen yang setiap saat diperlukan dapat dengan mudah dan cepat dilakukan. Bahkan untuk kebutuhan penggandaan, data laporan hasil ketikan tersebut dapat diperbanyak sesuai dengan keinginan pemakai dengan waktu yang relative cepat.
Bekerja menggunakan lembar kerja Microsoft excel memang sangat efektif untuk membuat table, menginput data – data panjang, membuat jadwal, dan banyak lagi. Namun, ketika kita dituntut untuk bekerja lebih cepat, Microsoft excel juga menyediakan berbagai macam shortcut.

Menggunakan tombol shortcut, kita tidak perlu menggeser mouse kesana kemari hanya untuk melakukan pekerjaan sederhana. Waktu kerja kita menjadi lebih hemat dengan shortcut keyboard. Berikut di bawah ini beberapa di antaranya :
1. Tombol F2 : berguna untuk melakukan editing pada sebuah sel atau sering kita kenal atau mirip dengan fungsi rename.

2. Ctrl - 1 : merupakan tombol shortcut untuk membuka kotak dialog format cells yang cukup sering kita gunakan.

3. Ctrl - pagedown dan Ctrl-pageup : kedua tombol shortcut ini sangat berguna untuk mempercepat gerakan kita berpindah – pindah tempat dari satu lembar kerja ke lembar kerja berikutnya.

4. Ctrl – shift - “ :berguna untuk mengcopy isi sebuah sel yang berada di atas dari sel yang sedang ditunjuk. Untuk melakukan trik ini, pada sel di atas tempat pointer kita berada harus ada data atau teks yang akan dicopy.

5. Ctrl - , : berguna untuk mengcopy rumus atau formula dari sel yang berada di atas sel yang sedang ditunjuk.

6. Ctrl – R : berguna untuk mengcopy seluruh isi sebuah sel ke sel berikutnya di sebelah kanan sel tersebut.

7. Ctrl – D : berguna untuk mengcopy seluruh isi sebuah sel ke sel berikutnya di bawah sel tersebut.

Sumber: http://id.shvoong.com/

1 komentar: