Sabtu, 25 Februari 2012

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di




Beliau adalah Asy Syaikh Abu Abdillah Abdurrahman bin Naashir bin Abdullah bin Nashir As Sa’di dari Bani Tamim.
Beliau dilahirkan di kota Unaizah, daerah Qosim (sekarang di Kerajaan Saudi Arabia) pada tanggal 12 Muharram 1307 H atau 1886 M. Ibu beliau wafat ketika beliau berusia empat tahun yang disusul sang bapak di usia beliau yang ketujuh.
Beliau menghapalkan Al Quran dan menguasai ilmu qira’ah sebelum usia beliau genap sebelas tahun. Syaikh As Sa’di kemudian mendedikasikan diri beliau untuk menuntut ilmu, belajar dari para ulama di kota beliau serta ulama-ulama yang sedang berkunjung ke sana.

Di antara guru-guru beliau yang terkenal antara lain:
- Asy Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Haasir
- Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Kariim Asy Syibl
- Asy Syaikh Shalih bin Utsman, qadi Unaizah,
- Asy Syaikh Muhammad Asy Syinqiti yang tinggal di Hijaz, dan yang selain mereka.
Bagaimana pun juga, barangsiapa yang mengatakkan bahwa guru beliau adalah Ibnu Taimiyyah dan muridnya Ibnul Qayyim, maka sungguh mereka telah berkata benar, karena beliau adalah seorang penuntut ilmu yang sangat antusias terhadap karya Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qayyim.
Karakteristik utama beliau adalah beliau memiliki akhlak yang sangat mulia. Beliau begitu ramah, baik dengan yang lebih tua maupun yang muda. Beliau akan berbicara kepada setiap orang sesuai dengan tingkat pemahaman serta apa yang terbaik bagi orang tersebut. Beliau tidak perduli dan menjauh dari kemewahan serta godaan kehidupan dunia. Beliau tidak ambil peduli dengan kedudukan, kekuasaan, maupun kemasyhuran.

Beliau menulis banyak karya, di antaranya:
1. Al Adillati wal Qawathi’ wal Baraahin fi Ibthali Ushulul Mulhidin
2. Al Irsyad ila Ma’rifatil Ahkam
3. Intisharul Haq
4. Bahjahtu Qulubil Abrar wa Qurratu Uyunil Akhyar fi Syarhi Jawami’ul Akhbar (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Mutiara Hikmah Penyejuk Hati, Syarah 99 Hadits Pilihan” oleh Al Ustadz Harits Abrar Thalib, Penerbit Cahaya Tauhid Press)
5. At Ta’liq wa Kasyfun Niqaab ala Nizhami Qawaidul I’rab
6. Taudhih Al Kaafiyah Asy Syafiyah
7. Taudhihu wal Bayaan li Sajaratil Iman
8. Haasyiyah Fiqhiyah
9. Diiwan Khutab
10. Al Qawaidul Hisan
11. Tanzihuddin
12. Radd ala Al Qasimi
13. Al Haqq Al Wadhih Al Mubayyin
14. Taisir Karimirrahman fit Tafsiri Kalamil Mannan, sebuah tafsir Al Quran sebanyak delapan jilid.
15. Hukmu Syarbud Dukhan (Hukum Menghisap Rokok)
16. Risalah fi Qawaid Al Fiqhiyyah
17. Al Fatawa As Sa’diiyah
18. Al Wasaailul Mufiidah lil Hayatis Sa’idah (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Kunci Meraih Kebahagiaan Hidup oleh Al Ustadz Fuad Qawwam, Lc. Penerbit Cahaya Tauhid Press)
19. Ad-Durar Al-Mukhtasharah fii Mahaasin Al-Islaam, (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Sungguh Islam itu Indah!” oleh Al Ustadz Fuad Qawwam, Lc. Penerbit Al Ilmu)
20. Al Qawaidul Hisan lit Tafsiril Qur’an (Kaidah-kaidah dalam menafsirkan Kitab Suci Al Qur’an)
21. Al Qaulussadiid fi Maqasidit Tauhid (merupakan penjelasan terhadap Kitabut Tauhid karya Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab)
22. Minhajus Salikin fit Taudhihil Fiqhi fid Diin
23. Ar Riyadh An Nadhirah dan puluhan kitab lainnya.

Di Antara Murid Beliau
Salah seorang murid Asy Syaikh As Sa’di yang termasyhur adalah Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin. Asy Syaikh Al Utsaimin belajar ilmu tauhid, tafsir, hadits, fiqih, ushul fiqh, ilmu waris, musthalah hadits, nahwu dan sarf.
Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin pernah memberikan sebuah testimony tentang guru beliau, Asy Syaikh As Sa’di,
“Saya banyak sekali terpengaruh dengan metode beliau dalam mengajar dan menyampaikan ilmu, bagaimana mempermudah murid-murid beliau agar bisa memahami dengan beragam contoh dan makna-makna. Dan saya juga terpengaruh dengan akhlak beliau karena Asy Syaikh Abdurrahman rahimahullah adalah orang yang memiliki akhlak yang sangat mulia, beliau rahimahullah banyak sekali ilmu dan ibadahnya, beliau terkadang bersenda gurau dengan yang lebih muda, bermurah senyum dengan yang lebih tua. Dia adalah salah seorang yang kulihat paling baik akhlaknya.”
Demikianlah kesaksian Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin terhadap guru beliau Asy Syaikh As Sa’di.
Murid beliau yang lain adalah Asy Syaih Abdullah bin Abdul Aziz bin Aqil, salah seorang anggota Hai’ah Ad Daimah bi Majalisil Qadhail A’la – Komite Tetap dalam Mahkamah Agung Kerajaan Saudi Arabia.

Wafat Beliau
Beliau hidup dalam keadaan yang mulia dan terpuji sampai akhirnya beliau wafat pada tanggal 24 Jumadits Tsani tahun 1376 H/ 1955 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar